Sunday, April 26, 2015

Cerita Melahirkan Anak Pertama

Huaaaah lama ga posting di blog,

Hari ini mau cerita tentang pengalaman melahirkan anak pertama saya..

Singkat Cerita, karena udah lewat bbrp hari dari prediksi dokter, dan sampai bulan ke-9 kepala bayiku belum juga "ngunci", dan saya jg masih mau lahiran normal, ditambah sudah ada flek darah, tapi ga ada mules sama sekali, daripada kenapa-kenapa, atau kondisi kendungan saya memburuk, maka diputuskan oleh dokter, agar saya diinduksi pada saat semua msh OK. Hari pertama di induksi menggunakan bola yang dimasukan kedalam mulut rahim kalo ga salah, guna nya untuk membantu membuka jalan lahir. Setelah dimasukan alat tsb saya merasakan mules yang aneh, kayakna sih mules mau melahirkan hehehe... tapi itu hanya berlangsung satu jam sajahhh...

Selanjutnya tidak ada mules lagi, akhirnya saya tanya kedokter kenapa mulesnya tidak makin bertambah, setelah dicek, akhirnya diputuskan untuk mengulang kembali/membenarkan posisi bola tsb dlm mulut rahim saya. sampai keesokan harinya... mules put tak kunjung datang, hanya flek saja yang keluar.

untuk kondisi debay dlm perut sih semua masih baik-baik saja... air ketuban cukup, hasil ctg juga baik. Dicoba lagi dengan memasukan obat kedalam mulut rahim saya lg, untuk membuat mulas, tp sampai obat ke tiga dah hampir seharian, mules sedikitpun ga terasa, dibilangnya rahim saya masih tebal, dan pembukaan ga nambah juga. Kalau kata orang-orang sih, si dede belum ngajakin.
Padahal ada 3 pasien yang seruangan dengan saya (di IGD) sekali diberikan obat tsb, langsung mulas dan bisa melahirkan normal. Kalu sayaaa.. mules aja sedikitpun ga ada, sampai salah satu dokternya geleng-geleng heran hehehe... karena di RS ini hanya boleh dilakukan 2x metode induksi, dan ga boleh lbh, dan juga tkt bayi saya stress dikasih obat dll lagi, maka dengan senang hati saya terima untuk proses SC, kenapa dengan senang hati dan enteng hati? karena selama 2 hari saya diinduksi, lama-lama saya mulai bisa menerima kalau memang ga bisa normal, yang penting bayi nya sehat, gpp deh dioperasi... jdlah saya dioperasi tanpa rasa takut, sedih atau galau...

Seumur hidup saya, belum pernah masuk RS karena sakit yang membutuhkan infus atau suntikan terus menerus, maka waktu melahirkanlah akhirnya saya merasakan diinfus untuk pertama kali nya.
malah karena ga ada rasa takut lg, saya berani lihat jarum dimasukan kedalam nadi saya, dan sialnya setelah ditancapkan eh malah kata susternya kurang nancep gtlah, karena tangan saya ngepelnya kekencengan.. hahaha, jd diulang deh... 2x infusan.

Ke ruang operasi diantar suster pakai kasur RS dan didorong, saya sama suami malah ketawa-tawa, saya bilang, seru juga ya. hahaha (bercanda).
Masuk ruang operasi, ganti baju hijau, alhamdulillah ga merasa takut atau gmn.. selanjutnya..
pindah ke meja operasi, lalu mulai deh saya di tensi dll, dan ruangn operasi itu dingin beerrrr banget..
Setelah ditensi, saya di anastesi/disuntik kebal, disuntiknya dibagian punggung bawah, kurang tau pasti nama bagiannya itu apa.. pokoknya ditengah2 sejajaran pinggang. Saat disuruh duduk, sayahh tau ini saatnya untuk siap-siap disuntik kebal.. argg agak-agak nerveous dan otomatis badan ini mengejang, karena ngeri hahahaha.... saat dokter mulai memasukan jarum, dan saya rasa sudah setengah jalan, dokternya bilang .. "tebel nih, ganti jd....(lupa berapa ml)" jadi tuh dokter ganti jarum suntiknya lagi ke uk, yang lebih besar,,, setelah menojosku setengah jalannnn?? whattt... apadaya, tidak ada jalan untuk mundur, dan sudah pengennn banget ketemu debayku sayang, maka dilanjutlah tuh suntik menyuntik, dan akhirnya 2x dehh merasakan suntik kaya gt..

Selanjutnya.. saya dikasih oksigen tambahan melalui hidung, dan mulai deh rasanya enteng, melayang-layang sejuk nikmat adem ngantuk hehehe....
dan saya pribadi merasakan efek-efek gatal, seperti ada semut jalan dimuka saya, bikin saya garuk-garuk, sambi ngantuk-ngantuk.

Lanjutt... badan serasa digosok-gosok, ga tau dengan apa, yang pasti makin lama, gosokannya makin ga berasa, kaki makin ga berasa, kaki sampai perut ga berasa apa-apa, tangan masih bisa gerak, mata melek, ngomong masih bisa.. dan semua saya nikmati dengan senang. Karena rasanya sebentar lagi akan bertemu debayku sayang.

kayaknya 30mnt operasinya selesai, anakku keluar dan nangisnya kenceng banget, sampai diledekin dokternya yang ikut-ikutan tereak ala-ala bayi, setelah itu bayi ditaro disamping saya dan saya cium deh... ahh bahagia nya.....


Singkat cerita, inilah bagian yang paling "eggghhh" dalam cerita lahiran sesar. Setelah dr ruang operasi, saya dikirim ke kamar perawatan, waktu itu debay lahir jam 10, jam 11 sampai jam 12 saya istirahat dikamar, dan masih kebal. Lewat dari jam 12, mulai deh dikit-dikit saya mulai merasakan kaki saya... lama-lama makin berasa efek obat penguras rahim nya juga.. dan itu mulesss banget.. suster janjiin kasih obat penghilang rasa sakit jam 5 Pagi, maka selama kurang kebih 5 jam, saya meringis-ringis menahan sakit, dan itu 5 jam terlama yang pernah saya rasakan. Sampai akhirnya dikasih obat itu, dan beragsur-angsur sakitnya hilang..... hufff...


To Be Continued...

Cerita melahirkan part 2 cek link ini ya
Cerita Melahirkan Anak Pertama Part 2

1 comment:

  1. وشم النساء تلد عادي MELAHIRKAN NORMAL
    https://www.youtube.com/watch?v=CAEMIh6TUqo

    ReplyDelete

Membuat Jadwal Harian Kegiatan Anak Sekolah

 Hari ini akhirnya selesai juga aku bikin jadwal kegiatan anakku, udah dr lama pgn ada jadwal kegiatan anak, biar baik aku dan anak, bisa lb...