Sunday, March 4, 2018

Umur 3 Tahun Anakku Belum Lancar Bicara

Hai moms, kali ini aku mau cerita ttg anakku Athar, bulan ini dia umurnya 3 tahun lewat 2 bulan (38 bulan). Dia anaknya aktif sekali, dia suka belajar angka, warna, huruf, hewan, buah, sayuran dan huruf hijaiyah. Dia sudah bisa menyebutkan abjad, angka dan warna dalam dua bahasa Inggris-Indonesia. Saya senang akan keahlianya dalah hal tsb. Athar jg jarang sekali sakit, alhamdulillah sampai skrg sehat selalu. Tapi ada satu yang mengganjal pikiran saya, karena sampai sekarang dia belum bisa berbicara lancar, kosakata masih sedikit, saya perhatikan dia juga antara malas bicara atau memang msh susah buat dia bicara. Kadang kalau kita tanya namanya, dia ga gampang jawabnya, kadang saya harus "gertak" dulu baru dia mau jawab. Saya kadang kepikiran, saya bilang suami, tapi suami saya msh coba menenangkan, suami saya sadar Athar agak lambat dalam hal bicara/verbal. Kita berdua juga intropeksi diri dan cara didik kita ke Athar seperti apa, yang aku sesalkan waktu aku bekerja dulu, Athar sering banget nonton Video dari HP dan aku krg komunikatif sama dia, kdg aku sibuk ngurusin kerjaan jg dirumah, atau pas libur aku jg masih sibuk nyuci/gosok baju ku.. jadi kurang interaksi ke Athar. Aku nyesel krn aku krng bisa maksimal untuk Athar dalam hal waktu dan perhatian saat aku kerja dulum karena dari itu aku skrg tidak bekerja lg, aku mau fokus ngejar keterlambatan Athar dalam bicara. Cara-cara dirumah yang aku lakuin untuk menstimulasi anakku, mulai dari nyanyi, cerita, banyak nanya kedia, mulai suruh dia memilih, mengulang pelajaraan yang dia suka (kaya belajar angka dan warna), bikin flash card untuk ajarin dia nama-nama benda apa aja, dan yang terakhir aku lakuin jg akhirnya aku memasukan anakku ke PAUD, aku jg sadar Athar kurang interaksi dengan anak seumurannya, selain karena di gang rumahku anak-anaknya jauh lebih tua dari Athar juga aku jarang sekali "ngeluarin" Athar keluar dari pager. Karena dia tipe anak yang langsung ngacir kalau diluar, trs kalau kita kejar makin lari, bahkan waktu itu sempat aku ngejar sampai hampir ke jalan besar.. Jadi aku banyakan ngajak athar main di dalam rumah. Aku masukin Athar Paud umur 3 tahun kurang, sbnrnya peratuannya katanya 3 tahun lah ya miniman, tp aku rasanya pgn cpt Athar main dan interaksi sama teman-temen yang umurnya sama sama dia, aku ga ngejar dia biar pinter ini itu, aku cm mau dia lbh banyak interaksi dan semoga membantu dalam hal berbicara. Sudah hampir 3 bulan Athar masuk Paud, di dua minggu pertama dia msh suka mau keluar kelas ketemu saya, tapi setelah itu sampai hr ini dia sudah betah di dalam kelas, sudah mau minta tlg gurunya, sudah mulai ada kemajuan dlm berbicara, dia lbh aktif dan sudah bisa ngomong dalam 3 kata, memang blmbisa selancar teman-teman yang lain, apalagi buat cerita apa yang dia lakukan disekolah, blm bs. Tapi saya dan suami semangat, apalagi suami yang selalu positif thinking dan yakin klo athar akan bisa bicara secepatnya, akan bisa bercerita seperti anak lain. Kami sebagai org tua akan coba semaksimal mungkin sebisa kami membantu athar, dan mau menebus kekurangan kami jika kami salah dalam hal pengajaran/berinteraksi sama athar dulu. Buat Moms, yg punya problem kaya aku, tetap semangat ya mom, coba cari cara menstimulus anak dalam hal berbicara, yakin dan positif thinking selalu. Semangan moms. Mohon saling mendoakan ya moms.
Buat moms yang punya masukan soal tumbuh kembang anak, khususnya tentang anak lambat bicara seperti anakku, bisa mohon info dan pencerahannya ya moms, bisa sharing via comment, mksh banyak sebelumnya.. masukan, tips dan info kalian amat sangat kami nantikan.

Aku lampirkan juga perkembangan anak 2-3 tahun, aku ambil dari Dancow.co.id
Untuk usia lain bisa cek di web nya langsung ya moms, klik Dancow Tumbuh Kembang




Sekali lagi tabel tumbuh kembang anak seperti diatas, adalah sebagai gambaran kebanyakan anak umur sgt sudah bisa apa. Tapi kalau anak kita ada yang belum sesuai dengan tabel ini, kita fikir positifnya aja, kalau tiap anak berbeda tumbuh kembangnya, dan yakin suatu hari akan bisa. Maklum yah moms, soalnya sering kepikiran kalau ada yang beda dikit aja sama anak lain yang seumuran. Kegalauan ibu muda yang masih perlu banyak belajar.. hehe



No comments:

Post a Comment

Membuat Jadwal Harian Kegiatan Anak Sekolah

 Hari ini akhirnya selesai juga aku bikin jadwal kegiatan anakku, udah dr lama pgn ada jadwal kegiatan anak, biar baik aku dan anak, bisa lb...