Friday, January 12, 2018

Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga

Hai moms, saya mau sharing ide bisnis sampingan buat ibu rumah tangga nih. Sebelumnya saya mau cerita dulu. Tadinya saya bekerja moms, saya kerja kantoran yang full Senin-Jumat jam 9 sampai jam 5, itu sampai umur anak saya 1 tahun setengah. Tapi saya memutuskan resign karena anak dan suami pun meminta saya untuk resign, krn kantor saya lumayan jauh dr rumah, kadang saya pulang lbh malem dari suami. Setelah resign, saya blm bisa full 100% diem drmh aja moms, saya akhirya mutusin untuk mengajar di bimbel dekat rumah, alhmdulillah dari jaman saya kuliah saya ada pengalaman kerja paruh waktu sebagai guru bimbel. Tapi itu bertahan hanya 8 bulan, karena saya pindah rumah. Setelah itu saya ketemu temen SMA saya yang juga dosen sebuah universitas swasta. Kami akhirnya membuat Bimbel berdua, konsepnya private untuk perorangan ataupun berkelompok (maksimal 1 pertemuan 4 anak). Saya dan teman saya menjadi tutornya sesuai basic ilmu kita, lalu lama kelamaan makin banyak murid yang les dengan kita, sampai sekarang kami punya beberapa guru yang membantu kami. Lama kelamaan, saya memilih tidak mengajar lagi, karena kebetulan yang biasa jagain anak saya saat saya ngajar, dia sudah bekerja ditempat lain. Sekarang tugas saya hanya sbg koordinator guru, menerima pendaftaran murid, Update sosial media kami. Saya memilih bimbel ini jadi salah satu bisnis/usaha yang bisa saya jalankan sembari saya menjalankan tugas utama saya sbg seorang ibu dan istri. Selama tidak mengganggu tugas utama saya dan saya senang menjalaninnya, alhamdulillah suami selama ini support.

Berikut Ide Bisnis Sampingan untuk Ibu Rumah Tangga :

1. Membuka Bimbel/Les

    Seperti yang saya lakukan, kalau moms punya basic mengajar atau senang dengan dunia pendidikan moms bisa membuka les ditempat atau les private seperti saya (guru datang kerumah murid). Modalnya pertama brosur atau promosi. Bisa membagikan selebaran ke sekolah-sekolah atau aktif promosi di media sosial. Lama kelamaan akan makin dikenal orang banyak (bisa juga dari mulut kemulut). Jika moms tidak ada basik pendidikan atau mungkin belum Pede mengejar, moms bisa mencari guru untuk kerja part time di tempat les moms, dengan sistem menggaji mereka. Misalnya : Perjam moms memabayar si Guru 50rb, tapi harga persesi yang moms tawarkan ke murid 70rb perjam, maka 20rb bisa menjadi laba tempat les moms. Owy, untuk dipeekrutan guru jagan lupa adakan test ya moms, karena itu menentukan kualitas si guru dan bimbel kita.

2. Membuat Kue atau Makanan

    Belakangan ini saya sering liat di IG banyak moms yang hobi masak dan bikin kue menjual produk mereka di medsos. Tampilannya juga menarik dan ga kalah dari toko kue saya fikir. Buat yang suka hal seperti ini dan memang mungkin ada bakat memasak enak, ga ada salahnya moms coba bisnis ini, mungkin untuk skala rumahan, sistemnya pre order ya, dibuat jika ada yang pesan. Sekarang juga sarana jualan makin banyak, mulai dari toko online, sampai ojek online bisa jadi sarana jualan kita. Kita bisa juga mendaftarkan toko kita/ produk kita ke grab/gojek, tanpa perlu sewa kios yang mahal banget. 

3. Membuat Aksesoris atau Tasbih

    Salah satu bisnis yang saya tertarik lakukan juga, bisnis aksesories. Kita bisa buat sendiri aksesoris, dari gelang, kalung dll. Dengan bahan yang sekarang banyak dijual di toko bahan craft online. Seorang teman sudah menikah, dia sudah melakukan bisnis ini sudah lumayan lama, cara jualannya via online atau ikutan bazaar dan alhamdulillah aksesories buatannya banyak dibeli orang. Untuk Tasbih, saya melihat bahan yang digunakan tidak banyak dan rumit, hanya mote bulat dan hiasan lain. Tasbih juga banyak yang mencari, krn selain peralatan ibadah, dia juga bisa dijadikan souvenir pernikahan, siraman, atau bahkan nikahan.


4. Jasa Titip Beli

    Buat moms yang suka ke mall dan belanja, bisnis sampingan ini mungkin bisa jadi salah satu pilihan moms. Yup, jaman now banyak yang minat jadi personal shopper dan buka jasa titip beli. bayangin aja moms, untuk jasa titipnya bisa minimal 20rb/item. Ibaratnya kita jualan barang orang tp kita ga perlu stock barang dan untungnya per item sudah pasti minimal 20rb. bayangin kalau perhari ada 100 barang aja yang kita beliin, berapa tuh penghasilan perharinya moms?


Apapun bisnisnya, saya fikir jika kita jalaninnya dengan tekun, ulet dan senang insya allah akan mendatangkan berkah dan untung ya moms, hehe... Sekian dulu ide bisnis sampingan buat ibu rumah tangga, nanti kalau ada ide lain akan saya update ya moms. terima kasih




No comments:

Post a Comment

Membuat Jadwal Harian Kegiatan Anak Sekolah

 Hari ini akhirnya selesai juga aku bikin jadwal kegiatan anakku, udah dr lama pgn ada jadwal kegiatan anak, biar baik aku dan anak, bisa lb...