Wednesday, January 10, 2018

Memasukan Anak Usia 3 Tahun Ke PAUD

Hai moms, sudah 3 hari ini saya punya kesibukan baru tiap sore, yaitu mengantar anak saya ke PAUD. Anak saya baru akan berusia 3 tahun tgl 21 bulan ini. Memang harusnya tahun ajaran baru dimulai sekitar bulan Juni/Juli gitu kalau tidak salah, tapi krn pengurus PAUD dekat rumah bilang kalau Athar boleh ikut "bermain" mulai sekarang, jadinya saya fix mulai mendaftarkannya ke PAUD hari senin kemarin. Mungkin banyak yang berfikir dan bertanya kalau belum 3 tahun kenapa buru-buru masuk PAUD? Pertama, kondisi anak berbeda-beda, saya dan suami melihat Athar sudah mau 3 tahun tapi bicaranya masih belum jelas, dia masih belum terlalu "nyambung" saat diajak bicara, dan kosa-katanya pun masih belum sebanyak teman seumurannya. Kami dirumah juga sudah mencoba menstimulasi dia untuk lebih aktif bicara. Sampai kami fikir, mungkin Athar kurang dalam hal bersosialisai, karena jujur saja dia jarang keluar rumah, karena dilingkungan rumah pun sedikit sekali yang seumuran Athar. Jadi kami berfikir dan niatnya masukin Athar ke PAUD segera, supaya dia bisa bersosialisasi, bermain dengan aman (dilingkungan yang terpantau), ada fasilitas bermain, belajar dan bergembira bersama teman-teman sepantarnya. Jadi memang "target" dan tujuan utama kami adalah bersosialisasi. Untuk target dalam hal akademik, kami tidak memikirkannya. Sekarangpun kami sudah senang Athar diumurnya skrg, sudah bisa berhitung, menyebutkan abjad itupun dalam dua bahasa (inggris-indonesia), menyebutkan warna pun dalam dua bahasa, mengenal sayur, buah dan hewan, dan mengenal huruf hijaiyah. Ada teman Athar yang bicara sudah lancar, sudah "nyambung" saya diajak ngobrol, sudah bisa bercerita tapi belum bisa misalnya berhitung. Jadi kembali lagi setiap anak berbeda-beda, dan tidak bisa dibandingkan satu sama lain, hanya kami sebagai orang tua berusaha mencari jalan/cara untuk membantu menstimulus perkembangan anak kami. 

Hari pertama masuk PAUD,dia ga mau masuk kelas, karena masih takut. Akhirnya full saya ikutan masuk ke kelas. Athar masih blm nyaman dan banyak kagetnya ketemu teman banyak kaya gitu. Belum bisa disuruh duduk lama di bangku, kebanyakan lari-lari dan kepo sama seisi kelas. Hari kedua dia sudah mau masuk sendiri dan saya coba tunggu diluar, ya lumaya bertahan 15 menit, sampai akhirnya saya masuk nemenin dia sampai selesai. Hari ketiga dia sudah mulai lebih berani lagi, saya diluar hitungannya full,tapi dia yang keluar kelas mulu nyariin saya, tapi so far, saya perhatikan dia sudah mau duduk lebih lama dari hari pertama, dia sudah mulai percaya sama gurunya, dia sudah mulai asyik main dengan temannya. Semoga hari selanjutnya akan lebih baik lagi ya Athar.





Minggu pertama ini, niat saya mau saya full kan Senin-Jumat, toh saya fikir hanya 1,5 jam tiap hari, dan itu itungannya main. Suami sih bilang mungkin minggu ke-2 mulai seminggu 3x saja. Mengingat Athar juga masih kecil, takunya kalau full dia cepat bosan dan capek.

Owy, saya mau sharing rincian biaya PAUD Athar, ini PAUD dekat rumah, pastinya biaya akan berbeda-beda tiap PAUD, saya hanya ingin moms dapat gambarannya saja ya..

Untuk Seragam dan biaya masuk pertama (termasuk bayaran bulan pertama) :

Siswa laki-laki 550.000
Siswa perempuan 500.00

Bayaran Bulanan 70.000

Tiap minggu juga ada jadwal membuat makanan sehat untuk anak-anak, satu anak dimintakan biaya 10.000.

Biaya harian yang biasa saya keluarkan buat Athar adalah untuk bekal snacknya, minimal saya bawa 2 macam snack dan  susu/yogurth atau Yakult. Nanti saya share juga ya menu bekal Athar ke Paud.




No comments:

Post a Comment

Membuat Jadwal Harian Kegiatan Anak Sekolah

 Hari ini akhirnya selesai juga aku bikin jadwal kegiatan anakku, udah dr lama pgn ada jadwal kegiatan anak, biar baik aku dan anak, bisa lb...