Tuesday, January 9, 2018

Cerita Melahirkan Anak Pertama Part 2

Ini adalah lanjutan cerita melahirkan saya sebelumnya, yang mau baca cerita melahirkan saya part 1,cek disini ya Cerita Melahirkan Anak Pertama

Setelah saya diberikan obat penghilang rasa sakit, yang di masukan melalui dubur, sakitnya lama-lama berkurang dan makin lama hilang. Saya masih blm bisa banyak gerak, hari pertama saya minta dipertemukan dengan anak saya, pertama kali gendong anak sendiri rasanya Amaze, ga percaya itu anak kita, seneng ahh super bahagia deh, semua sakit yg dirasa ilang berganti bahagia. Hari kedua kita diminta gerak kanan kiri, katanya biar jahitannya ga kaku, dan biar kitanya jg mulai 'berani gerak' lagi. Hari kedua saya sudah bisa duduk nyender, hari ke tiga saat mau pulang kerumah,saya sudah bisa jalan ke kamar mandi lalu ke parkiran mobil juga.

Saya juga mau cerita sedikit pengalaman nungguin mules di ruang UGD RD,disana banyak ibu-ibu lain yg juga sedang berjuang untuk melahirkan anaknya,ada yang baru datang dikasih obat 'mules' bisa langsung mules dan ga lama lahiran, kayaknya cuma saya saat itu yg sudah pakai 2 macam metode induksi yang msh ga mules-mules. Saat itu saya satu ruangan dengan ibu yang melahirkan, saya liat dia mules dr pembukaan 3, dan ke pembukaan 6 cepet banget dan dia sempet ngobrol sama saya, "mba, mba udah mules belum", saya jawab "belum", dia blg " saya kok mules bgt ya, aduh.." ga lama dokter nyamperin dia dan cek sudah mau pbukaan lengkap, langsung dia dipindahkan ke tempat tidur khusus bersalin, ga lama anaknya sudah mau keluar saya dengar dia seperti sudah kelelahan, dokternya trs semangatin, tp krn sudah lemas akhirnya dokter mengambil alat yang saya rasa buat vakum anaknya biar keluar, alhamdulillah anaknya keluar dengan selamat dan si ibu jg selamat, lanjut setelah lahiran, saya lihat dokter melakukan tindakan menjahit ..... si ibu. Saat subuh saya lihat si ibu sudah bisa jalan ke kama mandi dibopong sang suami. Wah cepet juga ya pemulihan orang lahiran normal pikir saya waktu itu.

Saat di UGD itu lihat satu persatu ibu melahirkan dengan normal maupun secar, saat itupun saya lg berusaha lahiran normal,tp ternyata berakhir lahiran sesar. Saya berfikir, mungkin tuhan tau saya sanggupnya lahiran sesar,bkn normal. Mungkin ini yang terbaik buat saya dan anak saya. Jadi,apapunjalannya untuk melahirkan anak saya saat itu, saya sudah berusaha maksimal dengan i duksi 2 metode, berakhir sesar, saya syukuri dan terima demi kebaikan kami berdua. Normal dan sesar dua duanya beresiko,dua duanya sakit, dan setiap ibu akan menahan sekuat tenaga sakit tersebut demi melahirkan anaknya.

Owy ada drama saat mau nyusuin anak sayapertama kali, dan saat itu saya pikir kalau nyusuin anak ga mudah, atau mungkin hanya terjadi pada saya aja ya? Jadi, anakku tuh mau nyusu dah aus bgt jg kali ya, pas di hadapin ke puting saya, dia coba sedot tapi mungkin yang keluar baru sedikit, jadinya dia keburu kesal dan nangis kejer. Kata suster juga puting ku tidak terlalu besar jadi mungkin anakku kesusahan untuk minum susu,ditambah bayi batu lahir jg blm pintar menyusu. Jujur saat itu aku sedih dan kasihan melihat anakku kesulitan menyusu, sampai hari ke-3 pun dia belum bisa menyusu dengan banyak dan puas sepertinya, sampai akhirnya diputuskan dicampur dengan Sufor biar dia kenyang. Nah perjuangan saya untukenyusui anak saya,akan coba saya ceritakan di postingan selanjutnya ya.. Thank you sudah baca cerita ini.



2 comments:

Membuat Jadwal Harian Kegiatan Anak Sekolah

 Hari ini akhirnya selesai juga aku bikin jadwal kegiatan anakku, udah dr lama pgn ada jadwal kegiatan anak, biar baik aku dan anak, bisa lb...